materi kajian

Ass,, artikel kajian kiriman dari teman...(jzklh kirimannya.. `moga bisa bermanfaat u/ yang lain, bisa jadi tabungan pahala... amiinn)Btw kalo ada yang mau kirim2 ato melengkapi materi yang ada bisa kirim via email : Peduli_depok@yahoo.com

Friday, October 21, 2005

Enam Tanda Ketawadhu’an

Di antara tanda-tanda tawadhu’ itu adalah:
Pertama, engkau menonjolkan diri terhadap sesamamu, maka engkau sombong. Dan apabila engkau menyatu dalam kebersamaan dengan mereka, maka engkau tawadhu’.
Kedua, apabila engkau berdiri dari tempat dudukmu dan mempersilakan orang berilmu dan berakhlaq duduk di tempatmu maka engkau tawadhu’.
Ketiga, apabila engkau menyambut orang biasa dengan ramah dan wajah yang menyenangkan, dengan kata-kata yang akrab, memenuhi undangannya, maka engkau tawadhu’.
Keempat, apabila engkau mengunjungi orang yang lebih rendah status sosialnya atau yang sederajat denganmu, atau membawakan barang-barang bawaan yang ada di tangannya, maka engkau tawadhu’.
Kelima, apabila engkau mau duduk bersama fakir miskin, menjenguk yang sakit, orang-orang cacat, memenuhi undangan mereka, makan bersama mereka, engkau orang tawadhu’.
Dan keenam, apabila engkau makan dan minum secara tidak berlebihan dan tidak untuk demi gengsi, sekali lagi engkau tawadhu’.
(Abdullah bin Jarullah dalam Fardhlu At-Tawadhu’ wa Dzamu Al-Kibr).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home